Thursday, November 17, 2011

Pengobat Kekecewaan Belum Keterima CPNS

Dipenghujung tahun ini pemerintah memberikan sebuah hadiah bagi para pencari kerja, yakni dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di berbagai instansi pemerintah baik yang ada di pusat maupun didaerah. Tak terkecuali di Banjarmasin lebih khusus kabupaten Banjar daerah tempat saya tinggal.
Untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dalam penerimaan CPNS, maka pendaftaran dilakukan lewat kantor pos. Tak heran setiap hari kantor pos diserbu puluhan bahkan ratusan orang pelamar dari berbagai bidang ilmu termasuk mereka yang melamar menggunakan ijazah kilat. Anda tahu apa yang saya maksud dengan ijazah kilat? Kalau ada yang belum tahu apa itu ijazah kilat nanti kita bna artikel dinga lain bia tulisan ini idak telalu panjang,, boleh bagitu? Kincai MODE ON..
Apa memang lapangan pekerjaan sudah sulit ditemukan lagi sehingga ribuan orang selalu berkeinginan untuk menjadi PNS? Kenapa juga ada orang yang sudah mempunyai pekerjaan ingin sekali menjadi CPNS selanjutnya menjadi PNS? Berikut ini beberapa jawaban yang beredar di tengah masyarakat sekaligus saya mencoba memberikan jawaban yang sebenarnya berdasarkan apa yang saya rasakan.
1.Gengsi.
Banyak orang menganggap mengenakan seragam PNS masih dianggap lebih baik dari pada mengenakan pakaian kemeja berdasi (didaerah saya ini merupakan fakta yang terjadi, didaerah anda?).
2.Penghasilan besar.
Banyak orang beranggapan bahwa dengan menjadi PNS maka mereka bisa memperoleh penghasilan yang besar. Suatu kekeliruan yang sudah lama tertanam di benak masyarakat. Yang sebenarnya PNS itu gajinya kecil (pas-pasan). Tak heran setiap tahun pemerintah menaikkan gaji PNS.
3.Waktu kerja yang singkat.
Saya harus akui memang banyak PNS yang menyalah gunakan waktu kerja mereka. Padahal sebenarnya PNS itu setiap hari mempunyai waktu kerja 8 jam (termasuk apel pagi dan apel sore) dan waktu istirahat selama satu jam. Berarti anda harus berada di kantor selama sembilan jam. Itu belum termasuk dengan waktu anda untuk lembur jika ada pekerjaan yang mendesak untuk segera diselesaikan.
4.Jenjang Karir.
Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi PNS sehingga kelak bisa menjadi seorang pejabat negara. Fakta yang sebenarnya bahwa jenjang karir seorang birokrat itu sulitnya minta ampun. Kenapa saya mengatakan sangat sulit untuk menjadi seorang pejabat negara? Karena untuk kenaikan pangkat hanya bisa dilakukan empat tahun sekali. Ini berarti untuk menjadi seorang pimpinan instansi, maka anda harus melewati masa kerja selama hampir 20 tahun (itu pun jika anda diangkat menjadi PNS dari golongan IIIa/sarjana). Jika anda hanya lulusan SMA sederajat maka jangan berharap anda bisa menjadi seorang pimpinan instansi. Bandingkan jika anda bekerja di perusahaan swasta, walaupun hanya lulusan SMA anda bisa menjadi seorang pimpinan.
5.Jaminan hari tua. Ini merupakan alasan terbanyak yang saya dengar hingga ribuan orang rela berkompetisi untuk bisa diterima menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Padahal yang sebenarnya uang pensiun yang akan diterima tidaklah besar. Bandingkan dengan pesangon yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan besar apabila anda telah bekerja selama puluhan tahun.
Bro tertarik menjadi pegawai negeri sipil? Jika jawabannya YA, berarti bro harus memperhaikan kelima poin saya saya sebutkan diatas. Menjadi PNS pekerjaannya banyak, waktu kerjanya panjang, penghasilannya kecil, jenjang karir yang panjang.


Bagi saya apapun pekerjaan yang kita tekuni sekarang, maka kerjakanlah itu dengan sebaik-baiknya. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengikuti tes CPNS, apalagi jika anda sudah mempunyai pekerjaan tetap.

http://notnegativethink.blogspot.com

No comments: